BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

12 Agustus 2008

ekstra kulikulerkah?

Ekstra Kulikuler *ekskul* mungkin merupakan hal yang wajib dilaksanakan seluruh murid suatu sekolah. Tapi beberapa pihak tidak diwajibkan untuk melakukan ekskul karena:

1. penyakitan/lemah terhadap sesuatu *kalo ekskul yang dipilih ekskul fisik*

2. tidak ada kemauan dari dalam hati

3. biasanya orang yang dipenghujung masa sekolah *6 sd, 3 smp, 3 sma* sangat tidak diwajibkan sekali ekskul itu. Malahan dikekang-kekang, gak jelas. Katanya kecapean lah, ngabis-ngabisin waktu lah, de-el-ellah.\

4. emang lagi males

5. orang yang rumahnya jauh dari sekolahan *dengan alasan sang ortu/siapa aja gak mau ngenterin dan ngejemput tuh anak*

fakta ini saya dapatkan dari survey dengan beberapa anak murid SD dan SMP seluruh Indonesia *gak mungkin banget*.

Lagipula, ekskul itu penting banget, loh*walopun gak sepenting nonton bola*. Aku punya alasan kenapa ekskul itu sangat penting.

1. ekskul fisik bisa buat sehat dan gak bikin badan tak berdaya, sakit karena gak pernah olahraga

2. kadang *kadang nih, kadang-kadang* ada juga ekskul non fisik yang ngasih kisi-kisi ke anak ekskulnya lebih banyak dan lengkap dari pada anak yang lain.

3. kalo ekskulnya komputer, bisa internetan gratis

4. terkadang bisa jadi ajang pelarian karena gak betah di rumah

5. ajang pelarian untuk maen ama temen*bisa ke mal, ke warnet, ke mana aja deh asal gak ke rumah saya aja*.

6. minta uang jajan ekstra hari libur

haah, ekskul memang ajibb.

Aku sendiri memilih ekskul basket sebagai ekskul pilihan saya. Kenapa?

Awalnya, aku paling bodoh dan tolol kalo lagi ada ambil nilai dengan olahraga basket, pas kelas enem. Ogah-ogahan, lah, istilahnya. Pas lagi ngambil nilai kelas enem, aku yang paling rendah masukin bola ke ring: Cuma 2 dari 5 kali kesempatan. Eh, nggak ding, ada lagi yang lebih rendah dari aku nilainya.

Dulu, baru dikit main aja udah ngos-ngosan minta ampun: muka merah, badan anget, keringetan, gak mampu jalan, udah kayak mao is-det aja. Sumpah, dulu basket tuh kayak jadi ‘momok’ bagi aku kalo lagi olahraga.

Sejak di SMPIT, *agaknya* aku mulai suka dengan basket. Udah mulai tau, apaan yang namanya dribbling, shooting, lay up, slam dunk, double, walking, three-point shoot, dan lainnya lah. Penjelasan pengertian lebih lanjut, tanya Le Bron James ato Kobe Bryant.

SMPIT juga pernah nyelenggarain semacam turnamen gitu, namun tetap saja SMPIT yang menang, wong tim yang bertanding bagian cewek cuma 3 tim: SMPIT A, SMPIT B, ama MTs. Kalo gak salah MTs B juga ada.

Aku, walopun gak pernah ngerasain jadi bintang tim, namun jga tetep ngerasain euphoria di tengah lapangan. Yaah, paling gak nginjek kaki lawan, ngejambak rambut lawan, kenalan sepintas, mencopot jilbab orang yang lagi bertanding, ketiban bola basket, dll.

Terus terang, kalo dibandingin ama pertandingan-pertandingan basket yang lumayan asik buat ditonton, aku lebih milih nonton bola. Nonton bola, apalagi Sang Pemain Pujaan yang lagi main ada di pertandingan itu, wuiiihh… walopun pertandingan jam 1 malem pun, aku usahain bakal tetep nonton. Oh, Fabregas.

Back to topic, ekskul di SMPIT juga gak basket aja *loh kok jadi promosi*. Ada bulu tangkis yang nggak berjalan, bola kaki yang cuma buat cowok *membuat saya iri*, matematika, komputer, klub sains, tenis meja, dll. tanya aja ama mereka yang lagi girang-girangnya ekskul. Kelas 3 kan udah gak boleh ekskul lagi. Alasannya, “Nanti kecapean ampe rumah”, “ngabis-ngabisin waktu aja. Mending isi tuh buku kumpulan soal UN”, and many more.

Haaah. Bosen ngedenger alasannya.

Aku sih pinginnya ekskul di SMPIT trus berjalan. Dulu, pas kelas 2 akhir, pernah mau ekskul basket, tapi gak jadi. Alasannya: guru basket ceweknya gak pake jilbab, trus pake atribut basket lengkap, lagi. Cuma itu. Tapi harusnya ntu cewek nyadar dikit dong, dia kan mo ngajar basket di sekolah islam. Mana bajunya you-can see-the-ketek lagi. Jadinya, si cewek-guru-basket-yang-mirip-cowok itu sehabis ngelatih yang cowok, langsung nglatih kami dengan *tampaknya* agak ilfil gitu. Tapi ngelatihnya keren kok, gampang masuk di otak. Coba aja tuh cewek disuruh ngajarin basket di SLB, aku nggak bayangin beberapa staf sekolah memprotes ntuh cewek, dengan alasan: “kamu belum luar biasa!”, atau “mestinya kamu cacat dikit napa?”

Hehe. Garing ya. Cuma buat iseng aja. Ekspresi para cowo yang habis dilatih olehnya: ‘TERPANA’.

Ekskul.

ekskul oh ekskul.

0 comments: